FLOTIM ZONA MERAH, GOOGLE CLASSROOM JADI SOLUSI TEPAT UNTUK GURU DAN SISWA - Efratanews.Com

 


LARANTUKA - Kabupaten Flores Timur kembali Zona Merah. Delapan orang pelaku perjalanan positiv covid - 19. Rutinitas belajar mengajar di sekolah terpaksa diberhentikan sementara, (Efratanews.com).

Lembaga pendidikan sekolah di Flotim pun berusaha menemukan model pembelajaran yang tepat agar peserta didik tetap mendapatkan pembelajaran yang baik pada masa pandemik covid - 19. Berbagai pilihan metode pembelajaran dilakukan oleh guru, antara lain: guru berkunjung ke rumah siswa untuk memberikan pelajaran, guru memanfaatkan aplikasi Whatshap untuk memberikan materi pelajaran dan tugas kepada siswa, guru membuat vidio pembelajaran di youtube dan membagikan kepada siswa, guru belajar bersama siswa menggunakan zoom meting.

Dari sekian banyak aplikasi pembelajaran online, youtube, zoom meting, whatshaap, dan lainnya, saya berani katakan aplikasi Google Classroom adalah aplikasi yang sangat baik dan pilihan tepat untuk pembelajaran online dimasa pandemik covid - 19. 

Semenjak kembali aktif mengajar saya langsung menggunakan aplikasi google classroom. Setiap kelas yang saya masuk selalu saya bagikan kode classroom kepada siswa, banyak dari siswa yang sudah bergabung. 

Di classroom saya membagikan buku pelajaran, buku Bulan Kitab Suci Nasional 2020, kalender liturgi, renungan harian, vidio Pembelajaran, dan soal tugas rumah.

Ada interaksi yang baik, terpola, dan terkontrol antara guru dan siswa di classroom, jelas Gregorius Riberu, pengajar Agama Katolik di SMA Negeri 1 Larantuka, Selasa (22/9/2020), Efratanews.com.



Guru dan siswa dapat memiliki aplikasi ini dengan cara download di google atau playstore. Bagaimana cara menggunakan aplikasi google classroom?Untuk cara menggunakannya, guru dan siswa dapat mempelajarinya di google atau youtube.
Aplikasi google classroom cukup mudah digunakan oleh guru dan siswa, karena itu banyak guru yang sudah menggunakannya. Google classroom dapat menjadi solusi menyikapi percepatan zaman era digital untuk pembelajaran daring. 

Di SMPK Gabriel Larantuka, guru diberikan pelatihan khusus menggunakan aplikasi classroom. Sekarang guru dan siswa di SMPK St. Gabriel - Larantuka mulai membiasakan proses pembelajaran melalui classroom, (Efratanews.com).

Sudah kurang lebih delapan bulan rutinitas belajar mengajar di sekolah berjalan tidak maksimal, tidak hanya di Flotim tapi seluruh daerah di Indonesia. Segala bentuk upaya dilakukan pemerintah dan pihak sekolah agar siswa tetap mendapatkan hak belajarnya dengan baik.

Ini menjadi tantangan kita bersama untuk menciptakan pendidikan yang lebih bermutu dan berkualitas pada semua jenjang pendidikan.
Zaman sepertinya lebih cepat maju beberapa langkah, kita belum siap, secara SDM maupun sarana prasarana.  Kita tidak perlu mempersalahkan zaman tetapi bagaimana bersama mencari jalan keluar agar siswa tetap dapat menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru secara baik. Peningkatan kompetensi guru, sarana prasarana pendukung pembelajaran online, perlu menjadi perhatian serius, (Efratanees.com).

Untuk sekolah yang berada di kota Larantuka lebih diuntungkan karena mendapatkan jaringan internet yang baik. Guru dan siswa dapat melaksanakan pembelajaran daring. 

Pendidikan di sekolah dimasa pandemik dapat dijadikan bahan refleksi bagi pemerintah dan lembaga pendidikan, bahwa zaman menuntun, menuntut, memaksa kita semua masuk ke dalam era digital. Pemasangan jaringan internet di setiap sekolah adalah langkah baik untuk kemajuan pendidikan.

Pandemik covid -19 masih berlangsung, kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dari rumah, kita tidak sedang libur sekolah, (Efratanews.com).




Post a Comment

0 Comments