Menanam Terminalia catappa di Pantai - Efratanews.com


Foto : Frank Nalele Menanam Terminalia catappa atau biasa dikenal dengan ketapang. 

LARANTUKA - Salah satu pohon tropis yang tumbuh di tepi pantai di kota Larantuka adalah ketapang. Tanaman ini dapat tumbuh di iklim tropis seperti di negara daerah Asia, Afrika dan Australia.

Terminalia catappa atau kita kenal dengan ketapang umumnya bisa tumbuh besar antara 35 meter sampai 40 meter. Ukuran daun panjangnya antara 15 cm sampai dengan 25 cm, serta lebar 10 cm sampai 14 cm. Tanaman ketapang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Pada saat musim panas tanaman ketapang menggugurkan daunnya, dengan warna daun kemerahan atau kuning kecoklatan. Daun ketapang dapat digunakan sebagai obat kesehatan.

Ketapang merupakan tanaman pohon yang sering dijadikan tanaman perindang dan penyejuk. Memanam tanaman ketapang perlu biji atau bibit yang bagus. Tanaman ini baik untuk ditanam di pantai. 

Awal tahun 2020 Frank Nalele pemilik usaha Nagi Kreatif Jaya, juga salah satu penggerak kelompok Karang Taruna Sarotari Timur pernah menanam tanaman Ketapang di tepi Pantai di Kelurahan Sarotari Timur, sayangnya bibit tanaman ketapang itu kekeringan dan mati, sebut Frank Nalele kepada Efratanews.com, Kamis (27/8/2020).

Menanam tanaman ketapang di tepi pantai tidaklah mudah, perlu bibit yang bagus dan perawatan yang baik agar tanaman ketapang dapat tumbuh tinggi menjadi tanaman perindang dan penyejuk, tambah Frank Nalele dalam wawancara. (Efratanews.com)



Post a Comment

0 Comments